Bikin geger karena ini ,Maudy Ayunda menjadi Trending

 




Berita Dunia - Maudy Ayunda sontak mendapat kritikan dari netizen yang sebagian besar datang dari para guru se-Indonesia. Namanya menjadi trending topic di X (dulu Twitter) sejak kemarin.



Pernyataan Maudy Ayunda tentang soal pilihan ganda dalam sistem pendidikan Indonesia mempunyai kelebihan dan kekurangan. Aktris berusia 28 tahun itu ditanya apa yang akan dilakukannya jika diangkat menjadi Menteri Pendidikan Indonesia. Maudy Ayunda mengatakan ingin menghilangkan soal pilihan ganda dalam setiap soal.  


Menurut pernyataan Maudy, soal pilihan ganda di sekolah membuat siswa  kurang mampu melakukan analisa dan lebih memilih menghapal.


Di kolom komentar, banyak kritik terhadap sosok Maudy yang  tidak pernah bersekolah di SD negeri dan mengajar di banyak sekolah negeri berbeda.


Jadi artis aja mbak maudy, jangan jadi Menteri Pendidikan. Itu lebih baik daripada menyusahkan guru dan siswa. Kalau mau jadi Menteri, cobalah mengajar di sekolah negeri di daerah itu. setahun aja dulu , Biar merasakan @dee_victory123 berkata: “Kalau dipikir-pikir, sekolah negeri di Indonesia sudah tidak seperti sekolah Bu Maudy dulu.”


Mbak cantik cobain dulu deh ngajar/ jadi guru honorer di sekolah daerah, biar tau rasanya gmna, biar gak seenaknya mengubah kebijakan. Kita bukan tidak menerima perubahan tapi setidaknya kebijakan baru tidak memberatkan guru yang dimana disini pasti guru yg banyak di tuntut. Sekarang mba maudy mau meniadakan soal PG tapi di ganti dengan essay? Memang membuat soal nya lebih mudah membuat soal essay tapi untuk memeriksa soal satu", satu kelas 40 siswa belum di jumlah banyak nya soal belum lagi yg guru bidang pegang semua kelas berapa puluh siswa tuh soal siswa yg perlu diperiksa satu"? Mau bikin guru tipes mba? Tiap malem bergadang cuma buat meriksa soal"? Dengan gaji gak seberapa tapi tuntutan yang bejibun Masya Allah," timpal @alffyy.


 @rizkirandom menjawab: “Sebaiknya main ke sekolah dulu di sekolah negeri, apalagi  di daerah terpencil, baru lihat kondisi riil tenaga pengajar di sana sebelum mulai bicara ingin jadi menteri.”


 “aku, tidak harus jadi Menteri Pendidikan ya?” Daripada menyusahkan guru-guru di dalam negeri, lebih baik hal itu tidak dilakukan,” ujarnya.


 Dalam  video singkat di channel YouTube  Felicia Tjiasaka, Maudy Ayunda berspekulasi bakal terpilih menjadi Menteri Pendidikan. Dia mengatakan soal pilihan ganda harus dihilangkan dalam ujian sekolah.


 Saya katakan, saya akan melakukan perubahan pada proses penilaian pendidikan karena berdampak signifikan terhadap cara  guru mengajar dan cara siswa belajar,” kata Maudy.



Menurut pandangan Maudy, sebuah evaluasi pendidikan yang efektif seharusnya mengusung model pertanyaan terbuka atau yang sering disebut sebagai open-ended questions, bukan soal pilihan ganda. Maudy percaya bahwa penyajian pertanyaan terbuka akan memberikan dampak positif terhadap cara siswa belajar, dan akan menginspirasi cara guru mengajar.


 Maudy menjelaskan: “Jika evaluasi pendidikan menerapkan model pertanyaan terbuka dan bukan  pilihan ganda, maka gaya belajar siswa akan berbeda dan metode mengajar guru juga akan berubah.”




Tidak ada komentar: