Saat Jokowi Bertemu Dengan Presiden Sri Langka Minta Cabut l

Berita Dunia - Presiden Joko Widodo hari ini melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe di China World Hotel, Beijing, China. Pertemuan membahas peningkatan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.


Di bidang ekonomi, Jokowi menyambut baik keinginan Sri Langka untuk membentuk preferential trade agreement atau perjanjian perdagangan preferensi dengan Indonesia. Berdasarkan data, volume perdagangan Indonesia-Sri Lanka turun 27,5% pada 2022 sehingga dibutuhkan upaya bersama untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara.


Untuk itu, saya menyambut baik keinginan Sri Lanka membentuk preferential trade agreement dengan Indonesia, Kata Jokowi, Selasa (17/10/2023).


Selain itu, Jokowi meminta dukungan Sri Lanka untuk mencabut kebijakan larangan impor minyak sawit. Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa minyak sawit merupakan komoditas unggulan Indonesia yang diproduksi dengan memperhatikan standar lingkungan.


Saya usul kita bentuk mekanisme khusus untuk membuka kembali akses pasar minyak sawit Indonesia di Sri Lanka, tutur Jokowi.


Terkait partisipasi BUMN Indonesia di Sri Lanka, Jokowi menyebut bahwa beberapa BUMN Indonesia telah menjajaki kerja sama konkret dengan Sri Lanka. Wickremesinghe diharapkan dapat mendukung kerja sama tersebut, terutama di bidang pengadaan gerbong kereta api dan pencetakan paspor elektronik Sri Lanka.


Baca Juga : Rey Utami senang bisnis makanannya mendapat review enak dari Maia Estianty


Baca Juga : Situs Slot Gacor Deposit Dana Tanpa Potongan Terpercaya

Tidak ada komentar: